Kembali
Pencarian Terstruktur Paten
SKENARIO PEMBELAJARAN : MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER PADA SENI REYOG PONOROGO
DESKRIPSI
Untuk mendalami materi makna nilai-nilai pendidikan Islam pada seni Reyog Ponorogo dengan baik, siswa diajak untuk mengkaji bahan pembelajaran melalui diskusi tentang nilai-nilai pendidikan Islam melalui model (miniature) komponen seni Reyog Ponorogo. Agar jawaban mengarah kompetensi dasar yang hendak dicapai, siswa dipandu dengan Lembar Kerja (LK); LK 1.A berupa model (miniatur) peralatan seni Reyog Ponorogo; LK 1.B berupa model (miniatur) busana/kostum Reyog Ponorogo; dan LK 1.C berupa gambar (poto) ragam tari Reyog Ponorogo. Masingmasing kelompok mengidentifikasi nilai -nilai pendidikan Islam dalam komponen seni Reyog Ponorogo. Hasil identifikasi dipresentasikan masing-masing kelompok di depan kelas. Setelah presentasi selesai, guru bersama siswa merumuskan kesimpulan tentang nilai-nilai pendidikan Islam seni Reyog Ponorogo. Di akhir pertemuan siswa diberi tugas memilih satu komponen seni Reyog Ponorogo unt uk dicari relevansinya dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam Alqur’an dan/atau Hadis.
DATA PEMEGANG
Nama | Kewarganegaraan |
---|---|
Universitas Muhammadiyah Ponorogo | Indonesia |
DATA PENCIPTA
Nama | Kewarganegaraan |
---|---|
Drs. Rido Kurnianto, M.Ag.; Dr. Nurul Iman, Lc. M.H.I.; Sigit Dwi Laksana, S.Pd.I., M.Pd.I. | Indonesia |