Kembali
Pencarian Terstruktur Paten
ANALISIS PROSES KOGNITIF SISWA BERDASARKAN TEORI BRUNER SAAT PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH
DESKRIPSI
Proses kognitif merupakan suatu kemampuan siswa dalam mengolah informasi sehingga dapat digunakan dalam hal yang lebih luas dalam pemecahan masalah. Pada proses belajar di rumah siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam mengolah informasi. Ada tiga tahapan pada proses kognitif menurut teori Bruner, yaitu: 1) tahap informasi, 2) tahap transformasi, dan 3) tahap evaluasi. Karena siswa belajar dari rumah sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses kognitif siswa berdasarkan teori Bruner saat program belajar dari rumah. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa siswa dengan kategori tinggi dan sedang mampu melakukan ketiga tahap kognitif pada soal sederhana dan sedang. Kemudian untuk siswa dengan kategori rendah hanya mampu melaksanakan ketiga tahap kognitif pada soal yang sederhana. Sedangkan pada soal yang sedang siswa hanya mampu melewati tahap informasi dan transformasi. Untuk siswa dengan kategori tinggi, sedang dan rendah hanya mampu melewati tahap informasi pada soal yang kompleks. Hal ini karena siswa mengalami kesulitan dalam menganalisis bagaimana proses menyelesaikan permasalahan untuk soal no 3.
DATA PEMEGANG
Nama | Kewarganegaraan |
---|---|
Universitas Muhammadiyah Ponorogo | Indonesia |
DATA PENCIPTA
Nama | Kewarganegaraan |
---|---|
Dessy Malica Novika; Uki Suhendar, M.Pd. | Indonesia |